Sunday, 29 April 2018

Cara boot Raspberry Pi ke mode single user di Linux

  Zel Afriadi       Sunday, 29 April 2018
JANGAN LUPA BACA BISMILLAH DULU GAN :D
TauPintar.net - Kamu dapat mengkonfigurasi Raspberry Pi untuk boot ke satu-user mode dengan mengedit cmdline.txt yang menggunakan sistem komputer eksternal. Mode single user pada Raspberry Pi memungkinkan Kamu boot sistem sebagai user id 0 yang root user. Mode single user memungkinkan Kamu untuk mengubah sandi pengguna lupa dan membuat modifikasi lainnya untuk memperbaiki sistem Raspberry Pi Kamu dengan superuser izin.

Cara mudah boot Raspberry Pi ke mode single user

Apa itu Raspberry Pi

Raspberry Pi, sering disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (single-board circuit; SBC) yang seukuran dengan kartu kredit yang dapat digunakan untuk menjalankan program perkantoran, permainan komputer, dan sebagai pemutar media hingga video beresolusi tinggi. Raspberry Pi dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Rasberry Pi Foundation, yang digawangi sejumlah pengembang dan ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris.

Ide dibalik Raspberry Pi diawali dari keinginan untuk mencetak pemrogram generasi baru. Seperti disebutkan dalam situs resmi Raspberry Pi Foundation, waktu itu Eben Upton, Rob Mullins, Jack Lang, dan Alan Mycroft, dari Laboratorium Komputer Universitas Cambridge memiliki kekhawatiran melihat kian turunnya keahlian dan jumlah siswa yang hendak belajar ilmu komputer. Mereka lantas mendirikan yayasan Raspberry Pi bersama dengan Pete Lomas dan David Braben pada 2009. Tiga tahun kemudian, Raspberry Pi Model B memasuki produksi massal. Dalam peluncuran pertamanya pada akhir Febuari 2012 dalam beberapa jam saja sudah terjual 100.000 unit. Pada bulan Februari 2016, Raspberry Pi Foundation mengumumkan bahwa mereka telah menjual 8 juta perangkat Raspi, sehingga menjadikannya sebagai perangkat paling laris di Inggris.

Cara boot Raspberry Pi ke mode single user

  1. Masukkan card di Windows/Mac SD card reader
  2. Mengedit file "cmdline.txt" dan menambahkan "init = / bin/sh"
  3. Masukkan kartu kembali ke Raspberry Pi lagi dan boot up
  4. Ketika meminta tersedia, masukkan "su" Login sebagai root (dengan tidak ada kata sandi)

Nah sekarang kamu sudah bisa login ke Pi Raspberry ke dalam mode single user sebagai user root tanpa password, kamu bisa membuat ulang sandi, dll.

Sekian artikel tentang Cara boot Raspberry Pi ke mode single user semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu. Lebih dan kurangnya mohon maaf...

Baca juga:
Cara Mudah Instal Git atau Github di Ubuntu
Cara mengenkripsi USB Drive di sistem operasi Linux
logoblog

Thanks for reading Cara boot Raspberry Pi ke mode single user di Linux

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel.
Gunakan tombol balas dibawah komentar terkait jika ingin membalas komentar agar komunikasi lebih terstruktur.
Klik untuk melihat kode :) :( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @-@ :-a :W *fck* :ngakak |o| :goodluck :smile

Follow & Dapatkan Artikel Terbaru Dari TauPintar Blog