Monday, 2 October 2017

Pengertian Mobile Computing dan Cara Kerja Sistem Cloud Computing

  Zel Afriadi       Monday, 2 October 2017
JANGAN LUPA BACA BISMILLAH DULU GAN :D
kali ini TauPintar akan mencoba membahas tentang Mobile Computing dan Sistem Cloud Computing, jika kamu kuliah jurusan Teknik Informatika maka kamu akan menjumpai pelajaran yang bernama Mobile Computing. Mobile Computing berasal dari dua kata inggris yaitu Mobile yang berarti dapat digunakan kemana saja (dalam hal ini berupa alat elektronik yang menggunakan batre), dan Computing yang berarti dapat melakukan perhitungan (aplikasi yang berfungsi untuk mengoperasikan kebutuhan sesuai dengan alat elektronik tadi).  Dengan mengartikan secara keseluruhan, Mobile Computing berarti sebuah alat elektronik yang simple bisa kamu bawa kemana saja, dan tentunya mudah digunakan.
Pengertian Mobile Computing dan Sistem Cloud Computing

Suatu Perangkat Disebut mobile computing karena

  • Memiliki aplikasi yang sangat luas
  • Memiliki kemampuan melakukan perpindahan posisi
  • Memiliki kemampuan perpindahan peralatan
  • Memiliki kemampuan perpindahan jaringan, dan lain-lain sebagainya.
Dengan membedakan sistem komputasi mobile dari sistem komputasi lain, kita bisa mengidentifikasi perbedaan dalam kinerja bagaimana dirancang, digunakan dan diatur dalam pembuatan sistem tersebut. Ada beberapa hal yang sistem komputasi mobile dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh sistem komputasi yang statis.


Mobile computing device tidak selalu harus terhubung dengan jaringan telekomunikasi. Kalkulator, HP, laptop, netbook bisa dikategorikan sebagai perangkat mobile computing.


Contoh Mobile application

  1. Kendaraan (untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
  2. Peralatan Emergensi (akses dunia luar)
  3. Akses web dalam keadaan bergerak
  4. Location aware service
  5. Information service
  6. Disconnected operations
  7. Entertainment (network game groups)

Cara Kerja Sistem Cloud Computing

Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.

Contohnya lewat penggunaan email seperti Yahoo ataupun Gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh Yahoo dan juga Google. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di komputer tetapi terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet.

Manfaat Mobile Computing

Dengan menggunakan mobile computing, kita akan memperoleh banyak sekali manfaat. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

  • Mobilitas

Anda tidak perlu mengikat diri ke tempat tertentu. Anda dapat melakukan pekerjaan Anda saat duduk di mobil atau kereta api. Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain sambil duduk di mana saja di dunia. Anda dapat chatting online dengan teman-teman Anda dan anggota keluarga sambil duduk di pantai. Anda dapat melakukan pekerjaan kantor Anda sambil duduk di mana saja.

  • Keefektifan

Dengan menggunakan mobile computing, lebih banyak pekerjaan dapat diselesaikan karena fleksibilitas dalam hal tempat bekerja

Keterbatasan Mobile Computing

Setiap device Selain mempunyai manfaat, mobile computing juga memiliki keterbatasan. Keterbatasan-keterbatasan tersebut antara lain :

  • Keterbatasan sumber daya pada perangkat mobile

Agar bersifat portable dan mobile, device dirancang kecil dan ringan. Tetapi dengan desain ini ada kelemahannya yaitu kapasitas baterai yang kecil, kapasitas penyimpanan memory kecil, daya komputasi terbatas jadi kamu harus mengisi daya ketika sudah lemah (low).

  • Rendahnya jaringan bandwidth

Pengguna mobile dapat terhubung ke jaringan nirkabel melalui berbagai jaringan komunikasi termasuk radio nirkabel, wireless Local Area Network (LAN), nirkabel selular, satelit, dll Setiap jaringan nirkabel menyediakan kapasitas bandwidth yang berbeda. Namun, bandwidth nirkabel ini terlalu kecil dibandingkan dengan jaringan tetap seperti ATM (Asynchronous Transfer Mode) yang dapat memberikan kecepatan hingga 155Mbps.

  • Biaya komunikasi asimetrik

Kapasitas bandwidth yang berbeda antara hilir komunikasi dan komunikasi upstream telah menciptakan sebuah lingkungan baru yang disebut Lingkungan Komunikasi asimetrik. Bahkan, ada dua situasi yang dapat mengakibatkan komunikasi asimetri, Salah satunya adalah karena kemampuan perangkat fisik. Misalnya, server memiliki pemancar siaran kuat, sedangkan klien mobile memiliki kemampuan transmisi kecil. Yang lain adalah karena pola aliran informasi dalam aplikasi. Misalnya, dalam situasi dimana jumlah server jauh lebih sedikit daripada jumlah klien, itu adalah asimetris karena ada tidak kapasitas yang cukup untuk menangani permintaan simultan dari beberapa klien.

  • Heterogenitas perangkat mobile

Industri telekomunikasi Mobile telah mengembangkan berbagai perangkat mobile seperti Laptop, Tablet PC, Handheld PC, Pocket PC, Netbook dan Mobile Phones. Namun, perangkat mobile juga mempunyai fitur dan kemampuan yang berbeda baik sistem operasi, daya komputasi, tampilan maupun kemampuan jaringan. Akibatnya, heterogenitas ini menimbulkan beberapa tantangan dalam manajemen konten, dan penyampaian konten ke penyedia layanan mobile.

  • Koneksi yang lemah

pengguna Mobile sering terputus dari jaringan. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan, termasuk kegagalan sinyal, jangkauan sinyal yang kurang luas, area blank spot, dan penghematan daya. Tetapi hal ini juga bisa menguntungkan karena modus aktif membutuhkan seribu kali power lebih besar daripada perangkat dalam kondisi standby atau mode sleep. Sinyal radio nirkabel mungkin juga akan melemah karena jarak yang jauh dari sumber sinyal dimana pengguna bergerak.

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Computing

Dari setiap kemudahan yang ditawarkan dari mobile computer ini, tentunya terdapat suatu kekurangan dan kelebihannya.

Kelebihan Mobile computer

  • Ubiquity: pengguna dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja.
  • Security: pada umumnya handset dilengkapi dengan smart card reader dan smart card-nya itu sendiri. Sehingga dapat digunakan sebagai secret authentication key.
  • Localization: memungkinkan diterapkannya location based services.
  • Convenience: ukuran dan berat dari handset membuat pengguna nyaman dalam bertransaksi.
  • Personalization: handphone merupakan perangkat yang bersifat personal, sehingga memungkinkan untuk menawarkan layanan / produk yang bersifat personal.

Kelemahan Mobile computing

  • Keterbatasan perangkat.
  • Tingkat keberagaman perangkat, jaringan dan operating sistem yang sangat tinggi, membutuhkan standardisasi platform antar vendor.
  • Tingginya tingkat kehilangan / pencurian handphone ataupun laptop.
  • Bertambahnya tingkat kerawanan terhadap security ketika data ditransfer melalui air interface.
Nah, itu lah penjelasan singkat tentang Mobile Computing dan Cara Kerja Sistem Cloud Computing Semoga Bermanfaat dan mempermudah kamu dalam proses pembelajaran.... salam Blogger.
(ZAC)

Baca Juga:
logoblog

Thanks for reading Pengertian Mobile Computing dan Cara Kerja Sistem Cloud Computing

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel.
Gunakan tombol balas dibawah komentar terkait jika ingin membalas komentar agar komunikasi lebih terstruktur.
Klik untuk melihat kode :) :( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @-@ :-a :W *fck* :ngakak |o| :goodluck :smile

Follow & Dapatkan Artikel Terbaru Dari TauPintar Blog