Follow & Dapatkan Artikel Terbaru Dari TauPintar Blog

5 Tips Sehat Minum Kopi Untuk Pecinta Kopi

Kopi biasa diminum untuk menghilangkan kantuk, untuk mengawali pagi yang dingin. Bagi pecinta kopi, sehari saja minum kopi tidak komplit rasa nya. Kopi juga sering diminum oleh orang-orang yang suka begadang supaya tidak ngantuk dalam ngeblog, bikin skripsi, bikin tugas kuliah, nonton bola, dan lain-lain sebagainya, tapi banyak para pecinta kopi yang menghiraukan efek dari minum kopi jika diminum terlalu banyak. Berepa gelas kah kamu minum kopi dalam sehari 1 cangkir, 2 cangkir, 3 cangkir, atau lebih?Minuman yang mempunyai cita rasa yang khas ini wajib diakui begitu nikmat dan mempunyai aroma yang sangat menggoda.

Tips Sehat Minum Kopi

Tapi, dibalik sejuta kenikmatannya, mengkonsumsi kopi dengan cara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, pahami triknya supaya menikmati kopi tidak mengganggu kesehatan Sobat sekalian.

5 Tips Sehat Minum Kopi Untuk Pecinta Kopi

Berikut Tips Minum Kopi agar tidak terkena dampak dari kopi itu sendiri

1. Kenali Batasan Dosis Tubuh Sobat

Tidak ada ukuran yang tentu untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi. Tetapi tidak sedikit penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg caffeine (sekitar 1 hingga 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negative pada orang sehat. Namun, setiap orang mempunyai batasan sendiri tentang konsumsi caffeine. Tidak sedikit orang bisa mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Tetapi ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang bahkan lebih sedikit. Ada yang bercerita seusai minum secangkir kopi menjadi tidak bisa tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas seusai minum kopi. Maka pahamilah, tutorial paling baik merupakan dengarkan respon tubuh sendiri.

2. Kenali "Efek" dari Kopi Yang Sobat Minum

Ketika meneguk kopi terbukti terasa nikmat, tetapi tidak jarang kali diikuti dengan rasa bersalah. Kenali sinyal bahaya kopi maka kami tahu kapan wajib berhenti minum kopi. Sinyal bahaya itu antara lain: gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur serta gangguan mood (misal: cepat marah). Seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaan minum kopinya bisa mengalami "caffeine withdrawal" yang ditandai oleh sakit kepala berdenyut, tetapi gejala ini bakal hilang seusai 24-48 jam alias mendapat caffeine dosis baru.

3. Kenali Kandungan Caffeine

Setelah mengenal dosis serta respon tubuh, ada baiknya Sobat mengenal kandungan caffeine dalam produk-produk yang sering Sobat konsumsi. Supaya jangan hingga dosis kopi yang dianjurkan telah tercapai, tetapi Sobat tetap mengkonsumsi produk-produk lain yang mengandung caffeine sehingga merasakan efek kurang baik dari kopi. Berbagai produk lain yang butuh diperhatikan kandungan caffeine semacam: softdrink, permen kopi, teh, cokelat, dan obat sakit kepala.

Cara pengolahan (roasting serta brewing) juga berpengaruh kepada kandungan caffeine dalam kopi. Sebagai contoh, suatu penelitian menunjukkan, secangkir kopi di Starbucks mengandung rata-rata 259 mg caffeine dibandingkan dengan kopi dengan tipe serta ukuran cangkir yang sama di Dunkin Donuts yang hanya mengandung 149 mg caffeine.

Dari penelitian lain, kopi decaf (kopi tanpa caffeine) baik untuk mereka yang mengalami obesitas sebab bisa menambah HDL (kolesterol "baik") kurang lebih 50%. Sedangkan pada mereka yang tidak mengalami obesitas justru bisa menurunkan kolesterol HDL ini yang bisa menambah resiko penyakit jantung.

4. Coffee Mix (Kopi Campur)

Menurut Penelitian, 5mg kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang kami konsumsi. Oleh sebab itu, cobalah sesekali memadukan kopi dengan berbagai sendok susu. Tidak hanya lebih sehat, Sobat juga bisa merasakan variasi lain dari kopi kan? Banyak yang bilang kopi serta rokok merupakan sahabat sejati, tetapi itu salah besar. Rokok bisa merusak kenikmatan kopi. Oleh sebab itu, penikmat kopi sejati tidak bakal merokok, heuheu..

5. Check-up Berkala

Lakukan pemeriksaan berkala kepada kesehatan, dalam faktor ini merupakan ukuran tekanan darah. Ada berbagai 'golongan' yang sangat tidak dianjurkan untuk minum kopi. Kelompok berikut disarankan untuk menghindari kopi: wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang dengan penyakit jantung serta pembuluh darah (misal: hipertensi).

Nah itu dia 5 Tips Sehat Minum Kopi Untuk Pecinta Kopi apakah kamu pencita kopi? sudahkah kamu menjalankan 5 tips di atas? semoga artikel ini bermanfaat. Sekian... Salam Blogger.
(zac)

Baca Juga : 
Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan
Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TauPintar Blog
Blog, Updated at: 23:33
Posted by: Neci Purwanda TauPintar Blog Updated at : 23:33

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel.
Gunakan tombol balas dibawah komentar terkait jika ingin membalas komentar agar komunikasi lebih terstruktur.
Klik untuk melihat kode :) :( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @-@ :-a :W *fck* :ngakak |o| :goodluck :smile

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Powered by Blogger.